Pages

Saturday, 25 August 2012

Kerajaan Kanjuruhan

Candi Badut.


Oleh : Ajisaka Lingga Bagaskara

Kerajaan yang pertama kali muncul di Jawa Timur adalah Kerajaan Kanjuruhan. Para ahli ada yang menduga bahwa Kerajaan Kanjuruhan merupakan kelanjutan dari Kerajaan Kalingga yang pusat kekuasaannya dipindahkan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Munculnya Kerajaan Kanjuruhan dapat diketahui dari Prasasti Dinoyo di daerah Malang yang berangka tahun 760, bertuliskan huruf Kawi, dan berbahasa Sansekerta.

Di dalam Prasasti Dinoyo diceritakan bahwa Kerajaan Kanjuruhan diperintah oleh Raja Dewashimha. Setelah beliau meninggal, beliau digantikan oleh puteranya yang bernama Limwa yang kemudian beralih nama menjadi Gajayana. Gajayana beragama Hindu yang memuja Dewa Agastya. Beliau membangun sebuah candi yang indah untuk Sang Agastya. Beliau pun membuat arca yang melukiskan Agastya dari batu hitam yang sebelumnya dibuat dari kayu cendana. Bersamaan dengan pentasbihan tersebut, Gajayana menganugerahkan sebidang tanah, sapi dan kerbau, serta budak laki-laki dan perempuan sebagai penjaga kepada para pendeta. Selain itu, raja mengutuk bagi mereka yang tidak mau memelihara bangunan suci beserta kelengkapannya.

Pusat kekuasaan Kerajaan Kanjuruhan berada di Desa Kejuron sekarang ini. Di sebelah utara desa tersebut, terdapat bangunan purbakala peninggalan Kerajaan Kanjuruhan, yaitu Candi Badut. Letak Candi Badut tepatnya di Desa Badut sekitar 9 km dari Malang. Candi Badut tersebut merupakan candi tertua di Jawa Timur. Seni bangunan candi masih berlanggam Jawa Tengah karena memiliki serambi pada tubuh candi. Bangunan kuno keagamaan tersebut bersifat Siwaisme (Hindu yang memuja Dewa Siwa). Buktinya, di ruang tengah terdapat lingga yoni, di relung utara ada arca Durga, dan di bagian halaman bangunan terdapat arca Nandi.

Kerajaan Kanjuruhan tidak lama berkembang. Kerajaan ini mungkin ditaklukkan oleh Kerajaan Mataram dan para penguasanya menjadi raja bawahan dengan gelar Rakyan Kanuruhan. Para ahli berpendapat Rakai Watukura menaklukkan Kerajaan Kanjuruhan di sekitar awal abad ke-10.

sources --> Buku "Kronik" Sejarah

1 comments:

Powered by Blogger.